Teori Pembelajaran Sosial

Sejauh ini kita telah mendiskusikan teori yang memandang penerima pesan yang aktif terlibat dalam memproses informasi. Teori pembelajaran sosial berusaha menjelaskan dan memprediksi perilaku dengan melihat cara lain yang dilakukan individu dalam memproses informasi. Teori ini membantu kita memahami bahwa contoh dari personal tertentu atau media massa dapat menjadi penting dalam usaha memperoleh perilaku yang baru.

Psikologi sosial, Albert Bandura, mengatakan bahwa kita bisa mempelajari sebuah perilaku baru hanya dengan mengamati perilaku orang lain.  Ketika kita melihat sebuah  perilaku yang menarik hati kita, kita akan memperhatikan apakah perilaku tersebut memberi keuntungan kepada pelakunya atau tidak. Keuntungan ini dapat berupa keuntungan eksternal, seperti mendapatkan pujian, atau internal, seperti “kelihatan keren”.  Bandura berpendapat bahwa kita mengujicobakan perilaku tersebut di pikiran kita. Jika kita setuju bahwa perilaku tersebut berpotensi memberi kita keuntungan, maka pemikiran ini akan bersemayam dalam masa cukup lama di dalam pikiran kita sampai kita membutuhkannya.

Kemungkinan akan munculnya sebuah perilaku tertentu lebih ditentukan oleh konsekuensi yang diharapkan dengan melakoni perilaku tersebut. Semakin positif dan semakin banyak keuntungan yang kita peroleh, akan semakin mungkin perilaku tersebut muncul.

Dengan mengetahui hal ini, orang-orang public relations bisa melakukan antisipasi bahwa karyawan yang belum berpengalaman akan mencontoh perilaku  dari karyawan yang sudah berpengalaman, terutama jika perilaku itu membawa keuntungan. Jika sebuah perusahaan mengenali prestasi dan memberi keuntungan kepada karyawan  yang melakukan kerja terbaik dalam melayani dan memuaskan konsumen, Anda dapat memperkirakan bahwa mereka yang juga ingin maju dan sukses akan mencontoh perilaku ini.

Ingat : Anda akan berperilaku sesuai dengan apa yang menguntungkan Anda. Teori pembelajaran sosial menjelaskan salah satu rute menuju peilaku ini.

Sumber Buku :

( Public Relations Profesi dan Praktik, Dan Lattimore, Otis Baskin, Suzette T.Heiman,  Elizabeth L.Toth. Hal. 58-59)